Tips Menghadapi Ujian SNMPTN / SBMPTN


Jangan lewatkan artikel ini. Sebelum mengunduh file yang kamu inginkan, mari sepintas membaca tips menghadapi ujian SNMPTN / SBMPTN supaya nanti kamu bisa dengan tenang menjawab dan lulus seleksi dengan nilai yang membanggakan. Dalam pelaksanaannya, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dilaksanakan berdasarkan tes tertulis dan tes keterampilan untuk menentukan masuk atau tidaknya calon mahasiswa. Untuk itulah dibutuhkan sebuah persiapan yang sangat matang sebelumnya. Namun sebelum lebih lanjut membahas tips menghadapi ujian SBMPTN, apakah kamu sudah yakin dengan pilihan jurusan yang kamu tentukan?

Banyak teman-teman mahasiswa yang dulunya sudah mantap memilih jurusan kuliahnya, namun ditengah perjalanan malah menyesal karena merasa salah pilih jurusan. Ini adalah salah satu contoh bahwa memilih jurusan kuliah itu memang butuh persiapan dan pertimbangan yang sangat matang. Lalu bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat supaya nanti tidak menyesal dikemudian hari? Sebenarnya memilih jurusan kuliah itu tidak sesulit yang kamu bayangkan, dengan catatan jika kamu sudah bisa mengenali kemampuan dan kepribadian kamu sendiri.

Advertise


Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Advertise



Paling banyak dicari; soal un matematika sma dan pembahasannya, kumpulan soal un matematika smp dan pembahasannya, aplikasi unbk offline, download aplikasi unbk smp 2018, aplikasi unbk gratis, download aplikasi unbk offline smk untuk pc, prediksi soal un smk dan jawabanya, prediksi soal un sma 2018 dan pembahasannya, kumpulan soal sbmptn dan pembahasan pdf, bank soal snmptn dan pembahasan, download soal sbmptn saintek dan soshum.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan jurusan kuliah:

  1. Kenali apa yang kamu minati (Hobi)
  2. Pahami apa yang kamu miliki (Potensi)
  3. Rencana apa yang ingin kamu tekuni (Cita-cita)
  4. Lihat kondisi lingkungan (Peluang)
  5. Seberapa besar niat kamu kuliah (Motivasi)
  6. Konsultasi berdasarkan pengalaman (Perbanyak Informasi)

Semua penjelasan dari masing-masing hal di atas bisa kamu pahami secara lengkap pada artikel Jangan Bingung! Ini Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat. Tentu saja tujuannya adalah untuk semakin memantapkan hati kamu dalam menentukan pilihan jurusan kuliah dan pekerjaan di masa depan. Pastinya percuma kan jika sudah capek-capek kuliah tetapi ijazah dan gelar sarjana tidak bisa dibuat untuk melamar pekerjaan. Untuk itu perhatikan penjelasan arikelnya dan renungkanlah jurusan apa yang seharusnya benar-benar kamu pilih.

Kembali ke pokok bahasan tentang Tips Menghadapi Ujian SNMPTN / SBMPTN. Perlu kamu ketahui, Secara umum soal-soal snmptn / sbmptn dibuat dan diracang tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun. Tidak sedikit mata ujian yang pola soalnya sangat mirip dengan soal-soal yang ada. Namun, tidak sedikit pula teman-teman yang terkadang salam memahami dan mempelajari soal-soal sbmptn. Ingat! cara penyelesaian soal tes sbmptn, lebih kepada ide peserta ketika pertama kali menghadapi soal tersebut. Yang terpenting adalah kamu harus menguasai setiap konsep dalam tiap butir soal yang ada. Pasalnya, soal-soal yang terlihat sulit di sbmptn tulis, seringkali hanya karena kita tidak paham bagaimana melihatnya dari sudut yang lebih sederhana. Setiap soal sbmptn memiliki karakteristik masing-masing, untuk mempelajari karakteristik soal-soal sbmptn maka kamu harus menguasai hal-hal berikut:

  1. Tes Potensi Akademik ; merupakan tes psikologi yang digunakan untuk mengukur kegesitan mental seseorang ketika berurusan dengan obyek kata (verbal), angka (numeris) dan gambar (figural). Tes ini mengedepankan kemampuan logika berpikir kamu dalam menganalisa kata, angka, dan gambar.
  2. Kemampuan Dasar ; merupakan kemampuan dalam menguasai mata pelajaran sesuai dengan kelompok ujian yang akan kamu ikuti. Untuk kelompok Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU), mata pelajaran yang harus kamu kuasai adalah Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Kemudian untuk kelompok Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri dari 4 bidang studi yang harus kamu kuasai yakni Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan untuk kelompok Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri dari 4 bidang studi yakni Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi.
  3. Daya Keterampilan ; Selain ujian tulis, panitia seleksi SBMPTN juga mengadakan Ujian Keterampilan. Ujian keterampilan ditujukan bagi para peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan. Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni, sementara Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.

Itulah Tips Menghadapi Ujian SNMPTN / SBMPTN. Lalu apa yang harus kamu lakukan sekarang? Tentu saja belajar lebih rajin memahami contoh soal latihan sbmptn tahun sebelumnya, serta semakin sering bertukar pengalaman bersama kakak-kakak yang telah dulu telah sukses mengahadapi ujian sbmptn. Sekian terimakasih dan semoga bermanfaat.